Contoh Rubrik, Jurnal, dan Cara Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Jurnal dan rubrik, penilaian antar teman dan penilaian diri juga menjadi komponen dalam penilaian sikap kurikulum 2013 tahun 2016 ini.

Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Cakupan Penilaian Sikap

Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang  Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Contoh Rubrik, Jurnal, dan Cara Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Contoh Rubrik, Jurnal, dan Cara Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Contoh Rubrik, Jurnal, dan Cara Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Tidak ada komentar